Tips menjadi penyiar radio

TIPS MENJADI PENYIAR RADIO:


1. Cintai mic dengan seluruh jiwa dan segenap ragamu
Ketika lu terjun ke dunia siaran, lu sudah pasti bertemu mic sepanjang siaranmu face-to-face. Jadi kalo lu ga cinta dengan mic, bagaimana nasib siaranmu? Makanya, cintai mic itu dengan seluruh jiwa dan segenap ragamu dan sepanjang nafasmu. Cinta sama mic berarti lu bergairah setiap bertemu mic. Bergairah untuk segera bercengkrama dengan mic.

2. Punya wawasan yang luas
Seorang penyiar radio harus selalu update dengan apa yang saat ini terjadi. Punya wawasan yang luas dan menguasai materi itu wajib hukumnya. Sebelum siaran, pastikan dulu lu itu sudah menguasai materi yang lu bawain dan kalau pun belum, cari tau dan persiapkan sebaik-baiknya. Lu itu seorang informan. Sekali lu salah siaran dengan sok tahumu yang salah info, terlambatlah sudah.

3. Tau pasti isi acara yang lu bawain
Jangan sampe ga nyambung deh! Konsep acara harus lu tau dengan pasti sebelum lu siaran. itu wajib mesti kudu hukumnya.

4. Mempunyai gaya siaran yang sesuai dengan gaya siaran khas radio lu
Ga mungkin donk, radiomu dengan gaya siaran khasnya anak muda dan lu bawain acara lu dengan gaya bahasan yang serius dan formal. Hal seperti itu biasa disebut "Jaka Sembung bawa golok, ga nyambung cuy!"

5. Punya pergaulan yang luas
Sebagai penyiar, lu itu harus memperluas pergaulan. Ini juga sebagai latihan bahwa pendengar lu bukan dari satu kalangan, tapi bisa berbagai kalangan dengan berbagai karakter. Bagaimana cara lu membawa diri dalam suatu lingkungan, bagaimana lu bisa nyambung ngobrol sama mereka. Itu semua akan menjadi bekal ketika kamu siaran nanti. Selain itu, pergaulan yang luas berarti mempunyai tempat tongkrong dan pandangan yang berbeda-beda yang bisa lu share ke pendengar lu.

6. Update tentang lagu-lagu
Ga lucu dunk, kalo pendengar lu lebih up to date soal lagu daripada lu yang notabene adalah salah satu penyambung lidah dari pihak rekaman ke pendengar.

7. Think out of the box
Sebagai penyiar, lu itu harus bisa berpikir kreatif dan think out of the box. Lu itu punya pendengar yang menunggu-nunggu hal baru dari lu! Buat apa mereka dengerin siaran lu, tapi bagi mereka basi banged - isi dari siaran lu itu.

8. Jaga suaramu baik-baik
Suaramu aset utamamu. Seorang penyanyi mempunyai banyak pantangan agar menjaga suaranya tetap indah. Bagi penyiar, lakukan apapun agar suaramu tetep enak didengar dan jangan sampai menyakiti telinga pendengar.

9. Tetap semangat!
Apapun yang terjadi, lu harus semangat. Jangan sampai pendengar terbawa suasana-suasana ga enak karena masalahmu dan apapun yang terjadi dalam hidupmu. Keceriaan dan semangat siaranmu bisa jadi menjadi inspirasi dan motivasi mereka untuk menjalani hari dengan ceria dan semangat pula.