Selagi Ku Mampu Iringi “Kepergian” Rizky ALEXA


       Lagi! Sebuah band papan atas dalam scene musik lokal pecah kongsi di tengah popularitas yang ditorehkannya saat ini. Adalah gitaris ALEXA, yang akhirnya memilih mengundurkan diri dari hiruk pikuknya industri musik dalam negeri. Setelah menjalin hubungan istimewa bersama ALEXA selama kurang lebih 4 tahun, tepat pada diterbitkannya rilis ini, atau per 1 Juli, Rizky akhirnya resmi melepaskan ikatannya dari band yang membesarkan namanya tersebut.

Menurut Rizky, alasan dirinya hengkang dari ALEXA nggak lain dikarenakan hasrat untuk melanjutkan studinya semakin hari semakin menggunung. Alhasil, keputusan pasti harus diambil. Sekarang atau perlu menunda lagi.  “Ya, memang hasrat ingin menjadi fisikawan itu semakin hari semakin menjadi. Dan gue harus memutuskan, apakah harus gue penuhin hasrat itu sekarang atau nggak. Karena keinginan itu semakin kuat, keputusan realistis pun perlu gue ambil. Akhirnya pilihan itu jatuh pada kelanjutan studi gue,” paparnya santai.

Hasrat yang dimaksud nggak lain melanjutkan studinya di University of Sydney, Australia. Rizky berencana mengambil gelar Master disana. “Menjadi fisikawan bisa dibilang adalah mimpi gue. Kalo pun nggak, gue ingin ilmu yang pernah gue pelajari bisa diaplikasikan. Yah, bisa jadi gue bekerja di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang science mungkin. Itu sebabnya gue kembali ke almamater gue dulu itu, untuk memenuhi hasrat tersebut,” kata mahasiswa jebolan University of Sydney tahun 2005.

Keinginan tersebut bukan datang dari langit secara tiba-tiba. Tapi hasrat itu sudah lebih dari setahun silam muncul. Namun, cowok yang akrab disapa Kirong ini nggak mau mengambil tindakan terburu-buru. Dirinya ingin saat waktunya tiba, segala urusannya bersama ALEXA selesai tanpa harus meninggalkan PR yang merepotkan.

“Sebelumnya, gue udah mengutarakan keinginan ini kepada semua pihak yang terkait. Baik itu ALEXA as a family maupun manajemen sebagai rumah gue kedua serta label. Dengan adanya keputusan ini, secara pekerjaan mungkin terputus, Tapi secara keluarga, kita akan terus berhubungan. Gue berharap kepada anak-anak untuk terus berkarya secara jujur dan terus menyenangkan Alexis (sebutan fans ALEXA),” tuturnya.      

                Meski keputusan ini udah dipersiapkan, ALEXA tetap merasakan kesedihan yang cukup mendalam mendengarnya. “Lumayan shock juga saat dia akhirnya membulatkan niatnya untuk keluar dari ALEXA. Tapi kalo melihat nature-nya dia, kami nggak heran. Itu memang impian dia. Yang paling berat mungkin karena di ALEXA, kami semua seperti keluarga. Rasanya seperti ada yang hilang aja. Namun demi yang terbaik, kita ikhlas,” terang juru bicara ALEXA sekaligus penggebuk drum, Fajar.

Dengan hengkangnya Rizky, berarti ALEXA akan diperkuat oleh Aqi (vokal), Satrio (gitar/vokal), JMono (bas/vokal) dan Fajar (drum). Posisi lowong ini sementara waktu akan digantikan oleh additional player dan gak menutup kemungkinan ada kalo akhirnya ada orang baru.

Selain ceremony perpisahan spesial saat manggung di acara Dahsyat RCTI pada tanggal 30 Juni 2011, nomor anyar berjudul Selagi Ku Mampu akhirnya mengiringi “kepergian” Rizky dari ALEXA. “Lagu ini pas banget buat dia. Selagi Ku Mampu untuk mengejar cita-cita, lakukan yang terbaik. Buat Rizky, dia harus meraih cita-citanya. Dan kita disini akan terus berkarya secara jujur,” tutup Fajar.