Musisi Dunia Yang Pernah Gagal Konser Di Indonesia

Radio Untar – Sobat Muda banyak sekali musisi dunia yang sudah sukses melakukan konser di Indonesia. Namun tidak semua musisi dunia sukses melakukan konser di Indonesia, belakangan ini Avenged Sevenfold (A7X) band heavy metal asal Amerika Serikat (AS) gagal melakukan konser di Indonesia.

Pembatalan konser disebabkan berbagai faktor, seperti masalah keamanan, travel warning, hingga kekecewaan manajemen sang artis atau musisi dunia terhadap pihak promotor. Sobat Muda penasaran siapa aja musisi dunia yang pernah batal melakukan konser di Indonesia? Berikut daftarnya buat Sobat Muda.

Rihanna (2008 & 2009)
Pelantun ‘Umbrella’ ini telah dua kali membatalkan konser di Indonesia. Rihanna sempat dijadwalkan tampil di atas panggung Istora Senaya, Jumat 14 November 2008. Namun, sehari sebelum pertunjukan, pihak promoter Show Master Live mengumumkan pembatalan konser karena masalah travel warning.
Meski demikian, pada 12 Februari 2009, Rihanna kembali dijadwalkan menggelar konser di Tanah Air dengan menggunakan promotor yang sama. Namun, lagi-lagi, penyanyi asal Barbados tersebut urung tampil di Jakarta.Tak jelas apa yang menyebabkan Rihanna membatalkan konsernya tersebut.
N.E.R.D (2009)
Band rock hip hop asal Amerika, N.E.R.D yang digawangi Pharrell Williams, Chad Hugo dan Shay Haley bakal menggelar konser di Indonesia pada 22 Maret 2009 membuat para penggemar N.E.R.D sangat antusias begitu mengetahui idola akan menggelar konsernya di Indonesia. Namun, rasa antusias itu menghilang tatkala konser trio hip-hop asal Negeri Paman Sam tersebut dikabarkan batal. Menurut promotor Java Festival Production, pembatalan terjadi karena masalah paspor.
"Paspor mereka ditahan, dipermasalahkan," ujar Niken. Usai tampil di Sunburst KL International Music Festival, Malaysia, N.E.R.D pun langsung bertolak ke AS. 
Chris Brown (2011)
Setelah sempat diliputi ketidakjelasan, akhirnya pihak manajemen Chris Brown membatalkan rencana konser yang rencananya akan digelar pada tanggal 13 Desember 2011 silam di Mata Elang International Stadium, Ancol, Jakarta.
Pembatalan konser Chris Brown itu ternyata tidak hanya terjadi di Jakarta, Indonesia, tetapi juga Australia dan Selandia Baru. Chris Brown dikabarkan harus mengubah jadwal konsernya karena berbenturan dengan jadwal syuting film terbarunya di Paris, Prancis.

CN Blue (2011)
Band asal Korea Selatan, CN Blue, membatalkan konser di JITEC Mangga Dua Square Jakarta, 26 November 2011. Pembatalan itu disebabkan ketidakpercayaan agen yang menaungi CN Blue, FNC Music, terhadap pihak penyelenggara atau promotor konser.
FNC Music menilai, perencanaan acara cukup buruk dan pihak penyelenggara gagal memenuhi kontrak yang telah disepakati. Pihak penyelenggara atau promotor konser CN Blue di Indonesia, Starlight Manajemen pun langsung menggelar konferensi pers untuk menjelaskan duduk persoalan.
Avenged  Sevenfold (2012)
Konser grup musik Avenged Sevenfold  atau A7X di Pantai Karnaval Ancol pada 1 Mei 2012 lalu, mendadak dibatalkan. Saat itu, mencuat isu kalau alasan keamanan jadi alasan pembatalan.
Tapi ternyata bukan alasan keamanan. Dalam jumpa pers khusus mengklarifikasi masalah tersebut, pihak promotor ER Entertainment dan ShowMaxx Entertainment menegaskan kalau pembatalan konser sebenarnya lebih karena masalah teknis.
Pembatalan yang di ajukan Avenged Sevenfold sangat mendadak, 2 jam sebelum konser dimulai. Pihak band dalam situs resminya, memberikan contoh panggung yang tidak layak secara internasional akan menimbulkan kecelakaan. (MCA/ Foto : Google)